Breadcrumbs

USU Masuk Klaster 1 Pemeringkatan Kemenristekdikti 2019

MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil masuk dalam Klaster 1 Daftar Pemeringkatan Perguruan Tinggi Non Vokasi Seluruh Indonesia 2019, yang dilakukan oleh Kemenristekdikti 2019. Universitas Sumatera Utara saat ini berada pada peringkat 13 di Klaster 1, naik dua peringkat dari tahun sebelumnya yang berada di peringkat 15 atau peringkat 1 klaster 2. Sertifikat penghargaan diterima langsung oleh Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, dari Menristek RI, Prof Moh Nasir, bertempat di Kantor Kemenristekdikti RI di Jakarta, Jum’at (16/8/2019).

Menurut Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, hasil tersebut patutlah disyukuri bersama dan disambut gembira sebagai buah manis dari kerja keras seluruh unsur pimpinan dan civitas akademika USU. “Semoga pencapaian ini dapat memotivasi kita semua, sehingga pada tahun mendatang peringkat USU dapat terus naik dan masuk dalam jajaran 10 besar perguruan tinggi non vokasi terbaik di Indonesia,” katanya.

usu

Selain itu, USU juga berhasil menduduki peringkat 4 dalam jajaran 100 Top Affiliation database Sinta Indonesia. SINTA (Science and Technology Index) merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek.

Saat ini, USU juga mengalami kenaikan peringkat dengan berada di peringkat 8 perolehan jumlah publikasi ilmiah terindeks scopus pada jajaran perguruan tinggi di Indonesia, di luar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Peringkat ini baru saja didapatkan oleh Universitas Sumatera Utara, di mana sebelumnya selama beberapa waktu USU berada pada peringkat 10. Data terakhir hingga pertengahan Agustus 2019, jumlah publikasi yang dihasilkan USU sudah mencapai 3.550 artikel secara kumulatif. (Humas)